Wednesday, May 20, 2020

Apa itu offlaner ? midlaner/observer/support/hard carry - Mobile Legends Indonesia

Di setiap game yang bergenre moba pasti akan memerlukan kerja sama team untuk memenangkan sebuah match dan mengerti peran masing masing hero yang akan kita gunakan hal ini bertujuan untuk menciptakan kerja sama yang baik sebagai team.
Berbicara mengenai sebuah peran di game mobile legend terdapat 5 role penting dalam bermain yang perlu di pahami, dan disini saya akan menjelaskan peran penting masing masing dari 5 role tersebut.

Mid Laner/Semi Carry
Sesuai namanya role ini memiliki peran untuk menjaga midlane, biasanya tipe mid laner ini di mainkan oleh hero dengan tipe jarak jauh (marksman/mage), seorang mid laner juga harus bisa melihat kondisi kapan harus keluar dari jalur jika memang di perlukan, karena umunya jalur midlane sendiri sangat sering di lakukan ganking dri musuh, berada di midlane sendiri akan mempercepat pertumbuhan gold dan xp di early game.

Setelah mencapai lvl 4 seorang midlaner biasanya akan langsung melakukan ganking bersama dengan si observer.


Offlaner/Solo Lane
Offlaner sendiri bisa di katakan memiliki peran yang sangat berat dan cukup berbahaya karena harus menjaga lane menghadapi dua musuh sekaligus dan biasanya akan di hadapkan langsung oleh core lawan
Maka dari itu biasanya offlaner akan di isi dengan hero yang memiliki hp dan mobilitas tinggi (fighter/tank).


Hard Carry
Peran dengan tanggung jawab terbesar di pegang oleh hard carry karena kemenangan sebuah team hampir semuanya tertuju pada role ini, tugas dri role ini adalah melakukan jungle/farm di early-mid game, peran ini akan di dampingi observer/support untuk membuka dan mengamankan jalur dri hard carry dan jika terjadi sesuatu pada hard carry bisa langsung di amankan dengan cepat oleh si obs/support.


Observer
Observer sendiri memiliki peran sebagai pembukan map dan memberikan vision kepada ally untuk mengetahui posisi lawan, biasanya oberserver ini akan sangat sulit menaikkan xp dan gold di karenakan sebagai obs sebisa mungkin melakukan transfer kill/xp/gold ke hard carry.
Walaupun bisa di bilang tugasnya hanya membuka map akan tetapi tanpa vision dari obs akan sangat sulit untuk mengatur strategy untuk mengalahkan team lawan.


Support
yang terakhir adalah support memiliki peran untuk membantu role lain di early-late game, biasanya hero support ini memiliki kemampuan untuk membantu rekan berupa healing/buff/armor dan farming
Support sendiri terbagi menjadi dua antara lain tank support dan pure support dimana keduanya harus memposisikan diri sesuai dengan cara yang berbeda.




Game play dan meta akan selalu berubah sesuai dengan update terbaru dari sebuah game




Share:

3 comments:

  1. Komposisi seperti ini tdk masuk hitungan di ml, berbeda dengan game seblah dampaknya kerasa klo ccd, misal VG aja carry gak boleh ke jungle kecuali memang terjadi team fight dsana atau butuh bantuan

    ReplyDelete
  2. AOV aja make role kek gini, klo di perhatikan di ml aja yg jarang terkecuali tier atas yang sudah paham mekanik game moba

    ReplyDelete